..SELAMAT DATANG DI RUANG MASA LALU..

Waktu boleh saja bergerak maju. Namun barang - barang dari masa yang telah lalu tidak akan pernah tenggelam oleh waktu. Sejarah yang membuatnya akan selalu abadi.

Blog ini adalah koleksi barang - barang masa lalu yang selalu mempunyai banyak kenangan bagi pemiliknya...

Mari menggali sejarah!!...

30 Desember, 2010

Otopet Kayoe


Pagi tadi saya terkaget-kaget baru sadar otopet kayu saya tidak pada tempatnya di sudut kamar. Kontan saya langsung menginterogasi penghuni rumah, dan ternyata otopet saya terbalik di depan gudang. saya pun marah. setelah mendengar keterangan dari mba yang membereskan kamar, emosi pun reda meski masih tidak terima.

Kekesalan saya pagi tadi membuat berpikir bahwa nilai historis sesuatu barang atau apapun sifatnya relatif, apalagi terpaan televisi yang membuat kita selalu update barang, apalagi yang menyangkut trend dan prestise... apalah!

Kembali lagi ke otopet kayu saya, ini saya dapatkan dari teman kuliah saya dari hasil rayu merayu yang lumayan panjang. pertama kali melihat ketika ia memajangnya di facebook, dan saya pun menelan ludah.

Otopet kayu ini memang tidak lagi bisa dinaiki, karena memang dahulu kala fungsinya untuk mainan anak-anak dan saat ini pun kondisi ban dan rangkanya tidak layak pakai. Inilah uniknya barang antik menurut saya, sama seperti pertimbangan saya mengoleksi telephone jadul yaitu nilai historis mempunyai tingkat yang lebih tinggi dibanding nilai guna. inilah antik.

Rangka otopet kayu ini mayoritas kayu disana-sini, dengan perpaduan besi sebagai penyangga. Ban terbuat dari karet mati semakin membuat nyentrik.

Mengutip tulisan mas Roni Mediono di blognya www.kedaibarangantik.blogspot.com "mainan otopet ini memperlihatkan satu jejak peradaban manusia, yakni mainan hasil kreativitas seni kriya dan teknologi, serta permainan imajinatif dalam relasi antarmanusia dan relasi manusia dengan alam".

saya sependapat dengan Mas Roni. Menurut saya otopet lahir dalam sebuah kebudayaan manusia, dari hasil cipta, rasa dan karya, yang pada akhirnya sebagai media penghubung manusia-manusia-alam.

Cintai sejarah, eksplorasi, rasakan.

salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RUANG PESAN